Jumat, 23 November 2012

Men atau Noken


Noken atau Men
DalambahasaNgalumKabupatenPegununganBintang, Propinsi Papua biasa di sebut “men” yang artinyanokenatautas.Nokenmerupakansalahsatualattrasisional yang sangatterkenal dikalangan Papua.TerlebihkhususKabupatenPegununganBintang. Di KabupatenPegununganBintangsedirinokendiartikansebagaialatteradisional yang sangatberperanpenting. Karena di dalamnokenituakandiisiataumengisikanberbagaijenisbarang.
Nokenatautasadalahsalahsatutradisi yang diwariskanolehNenekMoyangsejakzamanpenciptaanolehAtangki(Tuhan Allah). Noken yang disebut“men”biasanyadijahitataudibuatolehperempuan.Karenanoken yang pertama kali buatbukanlaki- laki, tetapi yang membuatpertama kali perempuan.Makanbiasamengatakanpembutannokenbukanpekerjaanlaki- laki, tetapiitupekerjaanwanita.Tetapikadang- kadangadacowo yang biasajahitnokenatautas.
Proses persiapanpembuatanNokenatautaspersiPegununganBintang.
1.      Bahan:
a.       NongDangmel
b.      NongAbuk
c.       Nong It                             Nama- namakulitpohoninilah yang menjadibahan.
d.      Nong Tem
e.       Nong wok
f.       NongAngon
2.      Proses pengambilanbahan
BiasanyamaumenjahitnokenatautaspersiKabupatenPegununganBintang, merekaambilbahanya di hutan- hutan. Setelahmengambilbahanuntukjahitnoken, biasanyabahan di keringkansampaikeringbetul- betul.Dalam proses pengeringanbahan, dalamjangkawaktu 1 minggu. Proses pengeringtidakbolehjemur di panasmatahari. Tetapiharusmengeringkan di atasbaraapi. Hal tersebutgunanyauntuknoken yang jahititukerasdantahanlama untukpegang.
Setelah proses pengeringan, tahapberikutnyaadalah proses perendamanbahanjahitan. Proses perendamanbahanjahitan, harus di kolamselamaduahari. Merekamerendamkanbahanjahitan di kolamfungsinyabiartidakkeras.Sehinggabahanitumudapecah- pecahkanuntukmenjahitnya.Sehabistahapperendaman, proses berikutnyayaitu  prosespenjahitan.
Proesespenjahitannokenbisanya, yang pertama –tama lakukanadalahtaliataunongdilingkar- lingkarsampai 7 buahdalambentukbulatan. Sesudahitutalinyamerekasimpan di lemariataubiasa di sebutbingindalamjangkawaktu 1 minggu.Setelahsatumenggu, merekamulaimenjahit.Pertama- tama bagian yang merekajahitadalahJakwol.Karenabagianini paling beratdalam proses penjahitanya. SetelahbagianJakwolselesaibarumerekajahit di bagiantubuhnokenatautas.
Dalampenjahitannokenbiasanyamemakanwaktutatubulankalau yang besar.Sedangkannokenberjnissedangtigaminggusampeempatminggudannoken yang kecilbiasaduaminggu.Tetapihalinitidakmenjadipersoalan, artinyakalaubahanyaitusudahsiapmatang, makantigajenisnokeninicepatselesai.Tetapibahannyamasihkurangataubulumsiap, maka proses penjahitan pun akanlamban.
Noken di PegununganBintangadatigajenis, yaitunokenberjeniskecilatau paling kecil yang biasa di sebutmendipki, nokenberjenissedangataubiasa di sebutmen kakupet, dannokenberjenis paling besar, yang biasa di sebutmen daloki.Tigajenisnokeninimaknadanfungsinyaberbeda- beda.
Nokenberjeniskecilbermakna paling sayangdanfungsinyauntukmengisiataumenyimpanbarang- barangberharga.Sepertigigianjing, uang, kampakbatudll.Nokeninibiasa di jahitolehibu, tetapi yang pegangadalah ayah.Tetapiadajugaibu yang pegang.Kalauseorangibu yang tas yang kecilituberarti, suaminyatelahmeniggaldunia.
Nokenberjenissedangbermaknamuda.Mudaberkaitandenganpelamaranperkawinan.Jenisnokenini yang jahitbukanlagiibuataulainya.Tetapimenjahitnokenjenisiniadalahperempuan yang muda.Kalauibu yang jahitnokenberjenismudah, berartiibuitupunyaanakperempuan yang inginmenikahataumelamar.Hal kedua, tujuanyauntukmengisisajur- sajuranataubaranglainya.Setelahmenjahitnokenjenissedanginitidaksembarangmemakaiataumenggunakan.Tetapimenggunakanpadasaat- saattertentu.Sepertimerekamengadakantari- tarianatauacaratertentu yang di selenggarakan.Nokonberjenissedanginimaknadanfungsinyaterlalubanyak.
Nokenberjenisbesarbiasa di jahitolehibuatauanakperempuannya.Karenanokenberjenisbesarbermaknaluas. Bermaknaluasdisinimaksudnyasegalahsesuatu yang dilakuanolehmanusiaitu paling luas.Fungsiutamanokenberjenisbesariniadalahuntukmengisiberbagaibarang, termasukmembawaanakkecil.
Noken yangbesarbiasanyamengisibarang yang besarseperti; petatas, kayubakar, keladi, buahpandan, danberbagainya,tetapi pula ada yang biasapegangdanmenaritari – tarian, mengikutiacara- acarabesar.
Maknadariketigajenisnokentersebutsama, yaitu mama atauibu. Karena orang papuapadaumumnyadan orang PegununganBintangpadakhususnya, kalaujalanataumaupergikemana- manatanpanokenakanmerasaterganjil. Ada istilahlain yang biasadisebutnokensebagaiistri. Karenanokensebagailambangkehidupan.Artinyanokenitutempat yang seringmengisiataumembawaberbagaijenismakanan, nokenitulahsebagaikainsarung (membawaanak- anakkecil), nokenlahtempatpenjimpananbarang- barangberhargaatausebagailemari.


Tidak ada komentar: