Selasa, 10 April 2012

KAMUS ISTILAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI



1.      Kata Pengantar
Menyusun sebuah kamus istilah yang benar- benar lengkap hingga dapat disebut sebagai kamus  istilah yang lengkap memang sangat  berat. Selain dibutuhkan pikiran, tenaga, waktu, serta biaya yang hampir tidak dapat dibatasi, ada hal lain yang  syarat kelengkapan itu. Masalah yang utama adalah perbendarahan kosakata yang semakin hari semakin banyak. Saya yakin bahwa setelah kamus istilah ini disusun akan ada hal lain yang akan muncul menjadi kosakata yang baru. Namun, saya yakin bahwa lebih bagus melengkapi isi sebuah kamus istilah dan memasukan kata atau istilah baru yang muncul di tengah masyarakat akan jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan penyusunan awalnya.
Kamus ini dimaksudkan untuk panduan atau sebagai pegangan bagi masyarakat umum dan bagi mereka yang terjun dalam dunia olah raga terutama. Oleh karena istila- istila dalam olah raga bola voli  belum ada sampai sekarang.
2.      Pendahuluhan

Setelah Bapak Drs.Hery Antono, Hum, (Dosen pengampuh mata kuliah leksikografi) memberikan tugas membuat suatu kamus istilah, dan  tugas ini sebagai tugas ujian akhir semester. Oleh karenanya, mau dan tidak saya mencari refrensi untuk membuat Kamus istilah dalam permainan bola voli. Ternyata, tema yang saya pilih tidak ada refrensi yang khusus dan pas, sehingga  memakan waktu yang panjang (dalam satu tahun).
 Memang ada refrensi khusus tentang bola voli, tetapi sayang, istillah – istilah ini belum direalisaikan dalam bentuk  kamus istilah yang lengkap. Dan  kemungkinan besar, hal ini belum ada sampai sekarang. Maka dari itu, saya sndiri cobah mengupayakan menyusun kamus istilah dalam permainan bola voli dengan kekurangan dan kelebiahan yang saya miliki.
 Semoggah kekurangan saya ini,  menjadi tugas utama  bagi adik- adiku yang masih dari belakang. Kelebihan saya dilestarikan dan kekurangan saya dilengkapi pula. Semonggah karya ini bermanfaat bagi banyak orang atau masyarakat umum yang diperlukanya.
Tuhan Yesus memberkati…………………………………………..

3.      Petunjuk pemakaianKamus
Kamus istilah ini bisa muncul dalam berbagai isi. Ini adalah karena kamus dibuat dengan tujuan memenuhi keperluan gologan tertentu. Contohnya, golongan pelajar dan mereka yang terjun dalam dunia olah raga bolah voli khususnya,  dan juga pula pada masyarakat umum yang dibutukanya. memerlukan kamus berukuran kecil untuk memudahkan mereka membacanya dengan mudah.

Petunjuk pemakaian dalam kamus istilah ini dimaksudkan untuk mempermuda kita untuk memahami dalam varian- varian antrai dalam penggunaan suatu bahasa. Karena dalam satu entrai atau suatu  kata mengandung makna lebih dari satu.  Oleh karenya, pentunjuk  merupakan  hal yang penting untuk dapat dibaca dan dipahami dengan sungguh- sungguh agar apa yang di tuangkan ini menjadi pahami.
Kamus Aneka Bahasa
Kamus ini sekurang-kurangnya menggunakan tiga bahasa atau lebih. Misalnya, kata Bahasa Melayu, Bahasa Inggris, dan Bahasa Belanda secara serentak. Contoh bagi kamus aneka bahasa ialah Kamus Melayu- Belanda- Inggris Pelangi susunan (Yuen Boon Chan pada tahun 2004).
4.      Lambing, tanda, singkatan
1.      Tandan huruf yang di cetak miring berarti dari bahasa asing, contoh; toss around
2.       TandaKoma (,) digunakan untuk menandai bagian pemerian pilihan atau perincian.

3.        Tanda titik Koma (;) digunakan sebagai penanda akhir definisi atau penjelasan utama sebuah lema yang masih diberi penjelasan tambahan, contoh:

4.       Tanda titik koma (;) digunakan untuk memisahkan bentuk kata yang bermakna sama (sinonim) yang terdapat pada penjelasan makna dengan diikuti label sin, atau lawan kata yang diikuti dengan label ant. (antonim), contoh

5.       Tanda Kurung ( ) Tanda kurung digunakan unutk menunjukkan kata atau bagian kalimat yang terdapat di dalam deskripsi yang diapit oleh tanda kurung itu merupakan keterangan penjelasan bagi kata atau pernyataan yang terdapat di depannya.

6.       Tanda kurung digunakan untuk kata asing yang telah terlebih dahulu disebutkan kata atau istilah Indonesianya.
7.      Huruf  n menunjukan kata sifat

8.      Dl, artinya dalam

9.      Dpt/ artinya dapat

10.  Titik dua (:) artinta adalah

11.  Olh: artinya olah raga
5.      Daftra istilah- istilah dalam permainan bola voli

1.      Wa. Sit[n]: seseorang yang penentu; pemimpin (dl pertandingan sepak bola, bola voli), dsb.
2.      Tos. ser : seseorang yang memukul  bolah menggunakan tangan untuk dapat ke tempat lawan.  Untuk melempar dengan gerakan cepat, cahaya, atau ceroboh atau dengan sentakan tiba-tiba sebuah <toss around> bola muntah di udara <tossed oleh bull> suatu.
3.      Passing: cara mengambil bola menggunakan tangan atau kaki atau cara memasing bola ke pengumpan untuk dapat upan dengan baik, agar bisa lompat dan memukul bolanya arring lawan.
4.      Sreep : tindakan yang di lakukan oleh seseorang menggunakan tangan memukul bolah dari luar garis  ke tempat lawan untuk dapat bermain.
5.      Penghitung skor: seseorang yang menghitung jumlah skor dalam pertandingan bola volley dari awal sampai akhir pertandingan.
6.      Skor: jumlah angka atau jumlah skor dalam pertandingan.
7.      Hakim garis: seseorang yang berjaga di samping kiri – kanan lapangan bola arrin agar bola tidak keluar dari jahu dari lapangan.
8.      Standar minimal nilai: jumlah angka yang dapat diperoleh untuk geme atau arring yaitu 25 rely geme
9.      Umpan : seseorangyang mengumpan bola kedekat net untuk dibidik oleh teman  atau rekan nya ke tempat lawan.
10.  Geme: akhir dalam pertandingan bola voli.
11.  Set: putaran kedua atau ketiga dalam pemain bola voli atau juga pertukaran lapanagn.
12.  Blocking : Dengan daya upaya di dekat arring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.
13.  Net. Suatu alat pembatas dalam permainan bola voli.
14.  Peluit: alat untuk menanda apabilah dalam permainannya sala, atau berakhir.
15.  Cadangan: sekelompok orang yang siap menggantikan apabila dalam permainannya kurang baik, atau arri
16.   Service atas: adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
17.  Service bawah : Adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukulbola beriap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
18.  Service mengapung: Adalah service atas dengan awalan dan cara memukulyang arrin sama. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi ( tidak terlalu tinggi dari kepala ). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
19.  Passing Bawah:  ( Pukulan/penganmbilan tangan kebawah ) Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
20.   Passing Keatas : ( Pukulan/penganmbilan tangan keatas ) Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola. Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. Penyentuhan pada semua jari2 dan gerakannya meluruskan kedua tangan
21.  Smash (spike): Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas arring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan arrin-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan.
22.  Defender: adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
23.  Libero: olah raga pemain penjelajah dalam permainan bola voli
24.  spiker (smash): Untuk drive (sebagai bola voli) tajam ke bawah dengan pukulan keras, juga: untuk melempar tajam <spiked bola di akhir zone>
25.  time out: waktu untuk diskusi/ apabila satu timnya, perolehan nilainya kurang dan  dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit.
26.  servis tangan bawah : tindakan seseorang memukul bola dari luar garis mula –mula pemain berdiri dipetak servis dengan kaki kiri lebih kedepan dari kaki kanan.
27.  tennis servis: Sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih kedepan, kedua lutut agak rendah
28.  cekis  : Sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat
29.  Awalan service mengapung: tindakan seseorang melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.
30.  Grup: rombongan; golongan; kelompok (dalam permainan bola voli akan bermain dua kelompok lawan)
31.  Serve: pemukulan bola keaarah lawan, dengan maksud memulai bermain bola.
Daftara isilah diats buat berdasarkan table demikian:

No
Lema
piature
1
Awa.lan; ser.vi.ce me.ng.apu.ng
tindakan seseorang melemparkan bola ke atas udara  namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang
2
Blo. King [n ]
Olr pemukulan bola sebelum bola memantul ke tanah (dl olahraga tenis, bola voli )
Referensi: 
http://kamusbahasaindonesia.org
3
Ca.dang.an [n ]
Usulan; persedian; orang yang mencadangkan; menyusul; sebagai pengganti apa bila ada pemain yang cederah/ cape
4
Ce. kis  [ n]
Sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat;
5
Cervice (b. blnda); servis;
Memberikan pelayanan; pukulan permulaan pertandingan bola voli;
Refrensi; kamusbesar bahasa belanda indonesia
6
De.fen. der [n]
 pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan, agar serangan lapan tidak masuk ke dalam lapangan.

7
Ga.ris [n]
Olr tanda berupa coretan panjang di tanah dsb sbg batas dsb: bola sudah melewati -- masuk ke daerah penjaga gawang; (5) Mat deretan titik-titik yg saling berhubungan:  kubu atau daerah pertahanan (yg dikuasai): --
8


8
Ha.kim;[n] Gar.is [n];
 hakim garis [n]
Seseorang yang menjaga/ meminpin jalannya pertandingan bolah voli; wasit kedua;ds
9
La.pang.an [n]
(1) tempat atau tanah yg luas (biasanya rata);  medan: ~ bola; (2) tempat (gelanggang) pertandingan (bulutangkis, bola voli, bola basket): beberapa kali pukulannya salah dan bola keluar
10
li.be.ro [n]
olah raga pemain penjelajah dalam permainan bola voli

11
Ni.lai [n]
Jumlah angka yang dapat diperoleh geme atau sayunara
12
Net,(n) [het; nteten];
(1) Olah raga yaringa yag dibuat khusus untuk permainan olahraga, spt bola vola dipasang melintang membagi lapangan permainan menjadi dua bagian;
13
Pass [Ῥ a΅ s] [de; proses]
Pengoperan bola; een mooie pass; pengoperean bola yang indah; een pass op; pengoperan bola kepada sawor; diepte pass; pengoperan bola jauh ke depan; dll. (Bahasa Belanda- Indonesia; hl: 78
14
Pas.si.ng Ke.atas [n]
Cara mengumpan bolah keatas untuk dapat di umpan agar dapat dipukul  ke daerah lawan;  Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola. Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. Penyentuhan pada semua jari  dan gerakannya meluruskan kedua tangan
15
Pas.si. ng Ba.wah [n ]
Cara mengambil bola dengan Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. Tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
16
Pe.lu.it [n]
alat untuk menanda apabilah dalam permainannya sala, atau berakhir.
17
Pas.si. ng [n]
cara mengambil bola menggunakan tangan atau kaki atau cara memasing bola ke pengumpan untuk dapat upan dengan baik, agar bisa lompat dan memukul bolanya kedaerah lawan.
18
Pe.ng.hi. tung sko. r [n]
Seseorang yang menghitung jumlah angka yang diperoleh dari kedua tim
19
Smash (spike): [n]
Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas  arring, untuk dimasukkan ke daerah lawan; 2 Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan aktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan
20
spiker (smash)[n]
Untuk drive (sebagai bola voli) tajam ke bawah dengan pukulan keras, juga: untuk melempar tajam <spiked bola di akhir zone>
21
Servis tangan bawah [n]
tindakan seseorang memukul bola dari luar garis mula –mula pemain berdiri dipetak servis dengan kaki kiri lebih kedepan dari kaki kanan.

22
Se. rep [n]
Tindakan yang dilakukan oleh seseorang menggunakan tangan untuk memukul bola ke tempat lawan untuk bermain.
23
skor [n]
(1)jumlah angka kemenangan; kedudukan atau hasil pertandingan: -- menunjukkan kedudukan 7:3 untuk pemain kita;
Referensi: 
http://kamusbahasaindonesia.org
24
Se.t [ n ]
 bagian permainan yg tertentu waktu atau hitungannya; babak: dia mampu main bola voli selama tiga -- tanpa istiraha;
25
Ten.nis ser .vis[n]
Sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih kedepan, kedua lutut agak rendah untuk memukul bola.
26
time out[n]
waktu untuk diskusi/ apabila satu timnya, perolehan nilainya kurang dan  dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit.
27
To.sser (n)
bola yg melambung tanggung itu mudah menjadi – bagi pukulan lawan; 
28
Um.pan [ n ]
Bola yang melambung tanggung itu mudah menjadi—bagi pukulan lawan
29
Wa.sit [n]
 seseorang yang penentu; pemimpin (dl pertandingan sepak bola, bola voli), dsb.
30


31




htt://www.kamus besar bahasa indonesia.org/ Edisi ke tiga/ balai pustaka

Add caption

Tidak ada komentar: